Sunday, April 10, 2022

GOALS RAMADHAN 2022

 

Tidak terasa sudah hampir 10 hari Ramadhan sudah kita lewati. Walaupun tidak bisa berpuasa di hari-hari awal Ramadhan, namun Alhamdulillah hari - hari berikutnya bisa melawati puasa tanpa ada kendala meskipun sambil menyusui.  Sudah kurang lebih 3 tahun saya tidak dapat menjalankan puasa Ramadhan karena hamil dan menyusui kedua anak saya. Kondisi ini sedikit banyak merubah beberapa pola hidup saya. Ada beberapa kebiasaan yang ingin saya ubah demi kebaikan.

Menurut buku How To Master your habit karya Felix Y Siauw, 30 hari atau 1 bulan adalah batas minimal habits terbentuk. Untuk mencapai itu, maka kita harus melakukan latihan dan pengulangan selama 30 hari penuh secara konsisten tanpa ketinggalan 1 hari pun. Sama seperti Bulan Ramadhan yang mengharuskan kita berpuasa1 bulan penuh. Setelah Ramadhan habis, biasanya tubuh akan terbiasa dengan hal - hal yang kita lakukan saat Ramadhan. Goals saya pada Ramadhan tahun ini adalah memiliki habits baru.


SHOLAT FARDU AWAL WAKTU

Sudah beberapa tahun resolusi ini tidak pernah terealisasi. Bahkan sampai Ramadhan hari ini pun saya masih belum bisa full menjalankan Sholat fardu di awal waktu ini. Sepertinya memang harus dilakukan satu-per satu. Saya sendiri akan mulai mencoba dari Sholat subuh. Kemudian semoga berlanjut dengan sholat lainnya.


MAKAN SECUKUPNYA DI WAKTU MAKAN

Jujur, selama menyusui nafsu makan saya tidak terkontrol. Rasa harus yang amat ketika menyusui ditambah harus pumping untuk memenuhi stok ASIP ketika WFO membuat nafsu makan saya bertambah. Keinginan untuk makan makanan lain selain yang ada di rumah pun selalu ada. Kemudahan untuk mendapatkannya di layanan pesan antar makanan online membuat semuanya makin menjadi. Alhasil berat badan saya bertambah dan saya beberapa kali mengalami gangguan kesehatan seperti pusing, gerd dan sesak nafas. Moment puasa ini kesempatan bagus untuk mengatur kembali pola dan nafsu makan yang sudah ber tahun - tahun lamanya berubah untuk kembali ke sedia kala.


MEMBACAKAN SURAT PENDEK SEBELUM ANAK TIDUR

Terkadang saya dibuat kagum dengan kemampuan anak-anak untuk menghafal sesuatu. Walaupun di awal terlihat tidak menyimak dan asik main tapi ternyata setelah dibiasakan beberapa hari, mereka tanpa sadar bisa mengikuti apa yang pernah mereka dengar. Hal ini tentunya sangat bagus mengingat usia mereka yang masih dalam periode emas. Semoga di akhir Ramadhan ini anak-anak bisa menghafal setidaknya 3 surah pendek baru dengan kebiasaan ini.



Salam Sayang,



No comments:

Post a Comment

Created by Anisyah Surya. Powered by Blogger.