Monday, November 16, 2020

MPASI PREPARATION FOR WORKING MOM

 


Trik Mempersiapkan MPASI Bagi Ibu Bekerja ala Mom Nis.    


Saya masih ingat betul rasanya ketika anak pertama akhirnya memasuki masa MPASI. Beberapa bulan sebelumnya saya sudah sibuk bertanya kesana kesini, membaca buku, artikel dll tentang MPASI. kemudian beberapa hari sebelumnya pada jam istirahat kerja saya dan teman-teman belanja bahan-bahan mpasi organik di supermarket dekat kantor. Beberapa kali mencoba berbagai macam alat masak MPASI sampai akhirnya menemukan yang sesuai. Kala itu, setiap hari saya Bangun dari jam 4 pagi untuk masak MPASI. Melelahkan memang. Apalagi untuk ibu bekerja seperti saya yang setiap hari harus berangkat pukul 06:00 pagi. Tapi demi anak tumbuh dengan sehat dan terpantau selalu makanan yang masuk ke tubuhnya, saya tidak pernah kapok untuk memberikan MPASI homemade.


Sampai akhirnya, sekarang anak kedua pun memasuki masa MPASI. Durasi untuk memasak MPASI setiap hari tentunya harus dikurangi karena dipagi hari sudah bukan 1 anak yang diurus. tapi bisa jadi keduanya bangun sekaligus. Ditambah masa pandemi membuat saya harus meminimalisir bepergian ke luar walaupun untuk sekedar berbelanja. Tentunya hal ini membuat saya harus lebih pintar untuk mengatur segala urusan dapur, termaksud mempersiapkan MPASI. Untungnya pengalaman anak pertama saya membuat saya bisa lebih santai menghadapi MPASI anak kedua ini. 


PERSIAPKAN ALAT MEMASAK MPASI

Tahun 2020 ini, Dengan semakin bertambahnya ibu yang aware akan pentingnya menyiapkan MPASI yang baik dan benar untuk anak2nya, membuat para produsen juga berlomba-lomba menciptakan alat untuk mempermudah proses pembuatan MPASI. Tinggal kita Sesuaikan dengan kondisi dan keuangan masing-masing. Food Proccessor tampaknya menjadi pilihan yang sangat menggiurkan untuk para ibu. Tapi tidak bagi saya . karena yang bagus, harganya lumayan mahal untuk saya sedangkan saya tidak mau menggunakan yang belum tentu aman. Selain itu, penggunaan listrik yang cukup besar juga menjadi bahan pertimbangan saya. Slow Cooker juga bisa jadi penyelamat. Tapi pengalaman saya mencoba Slow Cooker, saya jadi harus berkerja 2 x (malam untuk memasukkan bahan makanan, pagi untuk melanjutkan masak, blender). Pernah juga di pagi hari saya mendapati tekstur dan beras yang dimasak kurang matang. mungkin karena malamnya saya terlambat memasukkan bahannya. 


Dari pengalaman saya ini, ternyata Tidak perlu peralatan khusus utnuk memasak MPASI anak moms. Saya sendiri tetap setia menggunakan 3 alat biasa yaitu : PANCI, BLENDER, SARINGAN. Hanya butuh kurang lebih 20 menit untuk menyiapkan MPASI dengan alat-alat ini. kombo blender dan saringan sudah teramat sangat membantu. Tentunya dengan catatan, bahan-bahannya harus dipersiapkan sesuai porsinya terlebih dahulu


BELI FOOD CONTAINER KECIL-KECIL

Ini juga tidak kalah penting ya. Fungsinya buanyak sekali. Saat mpasi digunakan untuk menyimpan bubur MPASI anak kita sesuai dengan porsinya (pagi siang sore). Kemudian beberapa dipakai untuk menyimpan bahan-bahan MPASI, saat anak sudah agak besar, bisa dugunakan untuk meletakkan snack mereka ketika bepergian.


Nah, untuk Trik food preparationnya seperti ini:

BIKIN BUBUR POLOS UNTUK PORSI BEBERAPA HARI 

Proses memasak dari beras menjadi bubur ataupun nasi menjadi bubur membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi sederhanakan saja proses ini. Biasanya saya buat bubur polos untuk 3 atau 4  hari sekaligus. disimpan di kulkas untuk dimasak pagi hari nya dengan bahan makanan lainnya.


BUAT STOK KALDU

Seminggu sekali atau lebih. Buat Kaldu untuk memasak bubur, Simpan dalam botol2 kecil ukuran sekali masak. Kemudian masukkan ke freezer. Satu hari sebelum dimasak, pindahkan ke chiller. dengan begitu kualitasnya dan rasanya akan tetap terjaga


PROTEIN HEWANI, BAGI PADA WADAH KECIL SESUAI PORSI SEKALI MASAK

Segera setelah membeli daging atau ikan untuk mpasi, Bagi membagi porsi-porsi sekali masak dan simpan dalam wadah kecil di freezer. Hal ini untuk menghindari kita mencairkan bahan makanan yang tidak perlu. Lagi-lagi untuk menjaga kualitas bahan makanannya.Cara ini saya lakukan tidak hanya untuk MPASI tapi juga untuk masak sehari-hari. Jangan lupa pindahkan ke chiller sehari / pada malam hari sebelum dimasak ya. Supaya tidak beku saat mau memasak, juga untuk menghindari perubahan suhu yang terlalu ekstreem


SAYURAN, KACANG-KACANGAN DAN LAINNYA

Biasanya saya sudah memotong sayuran atau bahan makanan lainnya untuk porsi 2 - 3 hari dan disimpan pada wadah tertutup di dalam chiler. Jadi di pagi harinya saya tinggal memasaknya dengan bubur sesuai porsi dengan begitu akan menghemat waktu pada pagi harinya


SIAPKAN CEMILAN / MPASI INSTAN UNTUK KEADAAN DARURAT

Cemilan anak / finger food baik untuk merangsang pertumbuhan gigi anak. Selain itu, cemilan ini juga bisa menjadi senjata ampuh saat anak terlihat masih merasa lapar sedangkan MPASI yang kita buat sudah habis. 



Salam Sayang,




No comments:

Post a Comment

Created by Anisyah Surya. Powered by Blogger.