Sunday, November 29, 2020

567 FAKTA TENTANG MPASI

 


Penulis: dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K)

Desain sampul: Nugrahardi Ramadhani

Desain isi: Nur Wulan Dari

Cetakan pertama: Agustus 2019

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Masa - masa membuat MPASI tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Pemberian MPASI yang benar dan tepat sangat berpengaruh kepada nutrisi yang diterima anak pada 1000 hari pertama kehidupan anak. Makan sendiri merupakan aktifitas utama bagi semua makhluk hidup bukan? Nah,  semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, jurnal-jurnal ilmiah dan penelitian - penelitian terkait MPASI, Nutrisi dan perkembangan anak terkadang bertolak belakang dengan pengalaman para orang tua terdahulu sehingga sering menjadi momok bagi kita kaum ibu untuk beradaptasi. Beberapa ibu mungkin familiar dengan kata-kata "Sebelum 1 tahun anak jangan diberi Gula Garam dulu", "Anak bayi tidak boleh makan santan atau makanan yang digoreng, nanti batuk" atau "Dulu kamu umur 3 bulan udah makan pisang" 

Tapi tidak semua ibu punya waktu banyak untuk mencari literatur atau bukti ilmiah seputar MPASI kan? dan belum tentu juga yang ditemukan atau di share para Selebgram adalah ilmu yang benar, kebanyakan hanya berdasarkan pengalaman atau copas dari artikel lain yang terkadang tidak jelas sumbernya. 
 
Salah satu buku seri Mommyclopedia ini, dr Meta membahas semua seluk beluk MPASI.  Mulai aturan pemberian makannya, jadwalnya,  Nutrisi, tata cara penyimpanan, beberapa masalah yang Kemungkinan akan timbul, sampai mitos-mitos seputar MPASI. Jelasnya, bisa diliat di daftar isinya ini.


Yang saya suka dari buku ini adalah pemaparannya yang point to point dengan bahasa yang sangat mudah di mengerti. Jadi tidak perlu memakan waktu banyak untuk membaca atau menonton video untuk mencari tau  jawaban dari pertanyaan - pertanyaan kita seputar MPASI.




Salam Sayang,





No comments:

Post a Comment

Created by Anisyah Surya. Powered by Blogger.