Tuesday, March 28, 2023

SERUNYA BERMAIN PERAN

 


Hampir setiap anak pasti pernah ditanya, Mau jadi apa ketika besar nanti? Dan kebanyakan anak-anak pasti akan menjawab Dokter, pilot, polisi, pemadam kebakaran, artis, youtuber atau pembalap seperti yang anak saya mau. Senang sekali jika melihat anak-anak bersemangat menjawabnya. Tapi apa mereka benar-benar tau ya apa saja yang dikerjakan oleh profesi-profesi itu?


BERMAIN PERAN / ROLE PLAY



Sering kali kita melihat anak-anak berpura-pura menjadi karekter lain yang mereka lihat di film kesayangan mereka. Berlarian kesana sini dengan kakaknya sambil membawa mainan tembak - tembakan, berpura-pura memasak sesuatu untuk dihidangkan ke boneka-bonekanya, menarik narik selimut, meletakkan keranjang cucian diatasnya dan menaikinya layaknya kapal dan masih banyak tingkah lainnya. Jika melihat tingkah anak seperti itu, para orang tua seharusnya senang karna itu artinya anak-anak sedang menggunakan kemampuan imajinasi dan kreatifitasnya dalam bermain peran. Bermain peran sediri adalah suatu metode pembelajaran melalui pengembangan imajinasi, dan penghayaran, tanggung jawab dan keterampilan dimana siswanya memerankan suatu tokoh baik tokoh hidup ataupun mati.


MANFAAT BERMAIN PERAN



Bermain peran seperti ini ternyata memiliki banyak manfaat lho. Selain Mengasah kreatifitas dan imajinasi anak, permainan ini juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi. Anak-anak jadi mengetahui kosa kata baru yang digunakan di perannya masing-masing. Contohnya ketika memerankan dokter, anak harus berbicara dengan ramah kepada pasiennya. "Hallo, apa ada yang bisa dokter bantu? Bagian mana yang sakit? Coba dokter perikasa perutnya memakai stetoskop ini yaa". Selain itu, permainan ini juga akan mengambangkan kemampuan sosial dan emosional anak. Anak akan belajar untuk bersabar menunggu giliran perannya, belajar mengikuti peraturan dan menghargai keputusan orang lain. Anak juga belajar berempati dengan merasakan peran lain dalam kehidupan. Secara tidak langsung belajar menyelesaikan sebuah konflik sekaligus meningkatkan perkembangan fisik dan motorik juga akan mereka dapatkan


ALAT DAN BAHAN



Bermain peran sendiri bisa dilakukan dimana saja dengan ataupun tanpa alat bantu penunjang karna anak-anak biasanya akan menggunakan daya imajinasinya dengan alat-alat yang ada di sekitarnya. Tapi jika anak - anak memiliki mainan yang mendukung perannya tentu akan lebih seru bermainnya. Seperti peralatan dokter untuk berperan sebagai dokter, mainan masak-masakan sebagai koki, atau uang maninan dan mesin kasir mainan untuk peran pejual dan pembeli. 

BERMAIN PERAN DI KIDZANIA JAKARTA



Jika para orang tua memiliki budget lebih bisa mengajak anak-anak ke kidzania Jakarta. Kidzania adalah sebuah kota khusus yang dirancang mirip dengan kota asli namun berskala kecil lengkap dengan  jalan dan  fasilitas kota seperti bank, rs, pemadam kebakaran, pabrik, pom bensil dll. Disini anak-anak bisa menjalankan peran profesi orang - orang dewasa. Diantaranya dokter, pemadam kebakaran, pilot, polisi, juru masak, ilmuan dan puluhan hingga ratusan profesi lainnya. Tidak hanya menjalankan perannya, tapi anak-anak juga dituntut untuk mengikuti peraturan dan bertanggung jawab. 



Sama seperti di dunia nyata, Kidzania memiliki sistem ekonomi sendiri. Mata uang yang digunakan di kidzzania adalah kidzos. Saat pertama masuk, anak-anak akan diberikan modal berupa travel cek bank senilai 50 Kidzos . Anak - anak dapat menukarkan cek tersebut dengan uang kidzos di bank sekaligus membuka rekening dan kartu atm. Anak-anak dapat menggunakan uang ini untuk bermain di beberapa kegiatan yang memerlukan uang. Contoh : untuk membuat sim, menaiki bus wisata, ke salon, belanja di departement store dll. Jika ingin mendapatkan uang lebih banyak, anak-anak harus bekerja memerakan berbagai profesi seperti menjadi pemadam kebakaran, bekerja di pabrik coklat, pabrik mie, menjadi dokter dan masih banyak profesi lainnya. 


Salam Sayang,






No comments:

Post a Comment

Created by Anisyah Surya. Powered by Blogger.